Friday, January 31, 2014

thumbnail

Ikan tembus pandang

Baru-baru ini, Stewart Fraser seorang pemancing Selandia Baru saat memancing di semenanjung Karikari Peninsula, berhasil menangkap makhluk transparan seperti ikan tapi juga mirip dengan udang.

Menurut laporan media asing, Stewart Fraser pemancing asal Selandia Baru membawa kedua putranya pergi memancing di semenanjung Karikari Peninsula, kepulauan utara, Selandia Baru. Ia dikejutkan oleh seekor makhluk transparan yang mengapung di permukaan laut.

"Saya ragu antara menangkapnya atau tidak, namun akhirnya rasa penasaran membuat saya ingin melihat lebih dekat makhluk apa itu sebenarnya," katanya.

Menurut Fraser, makhluk samudera yang unik ini, terasa bersisik jika diraba, kenyal seperti jelly. Selain itu tampak sebuah bola kecil warna oranye, namun tidak tampak ada benda lain apapun di dalam tubuhnya. Benar-benar transparan.

Fraser merekam makhluk samudera yang tidak diketahuinya itu, begitu juga dengan pemancing lain, tidak tahu makhluk apa itu sebenarnya, karena tidak pernah melihat benda seperti itu.

Menurut ahli terkait dari National Marine Aquarium, Plymouth, Inggris, makhluk samudera yang transparan itu disebut Salpa maggiore, yaitu suatu invertebrata laut (hewan tak bertulang belakang). Kalangan awam tidak banyak yang tahu terhadap makhluk yang bernama Salpa maggiore. Mereka (Salpa maggiore) umumnya muncul di perairan dingin, diantaranya paling banyak terdapat di selatan Samudera Antartika.

Selain itu, para ahli terkait juga mengatakan, mereka bergerak di air dengan bergantung pada serapan air di tubuhnya yang mirip gel, dan fitoplankton (plankton nabati) merupakan makanannya. Bentuknya yang transparan dapat melindungi dirinya dari ancaman musuh alamianya, pada hakekatnya transparan di dalam air merupakan kamuflase yang hebat.
Tags :

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments

About

Welcome to SpesiesIkan.blogspot.com